Latest Post

Peringatan Malam Assyura 10 Muharram 1444H YLBTK, Makutan, Pontren Junjungan Sayyid Hamim 23 Magister Pendidikan utusan GTK Yayasan Lombahan Balak menyelesaikan pendidikan di IAI An-Nur Lampung

Setiap tahunnya Ikhwan Tanjung Kukuh secara istiqomah selalu memperingati Assyura di Lombahan Balak, sejak 1938m/1357h hingga saat ini tidak pernah 1 tahun pun tanpa memperingati assyura dan beberapa hari hari bersejarah dan hari hari besar lainnya. kegiatan ini diawali dengan doa selamat bersama dalam kholakoh, makan kuk-kuk alias bubur serta di akhiri dengan langir di siang hari menjelang waktu ashar 10 muharram.

Dalam tausiyahnya Syeikhuna Guru Kiayi Tuan Rizal Muda bercerita tentang makan kuk-kuk mengisyaratkan tentang kehancuran yang pernah di alami umat islam saat peristiwa karbala, kuk-kuk adalah nasi/kacang yang sudah hancur menjadi bubur, namun tetap bisa dan harus dimakan, artinya peristiwa tersebut harus dilewati oleh umat islam sebagai pembelajaran. Beliau pula menceritakan kisah sayyidina husain cucu rasulullah serta mengaitkan dengan kisah kisah tauladan para kholifah kholifah islam. mengingatkan kepada para ikhwan tanjung kukuh untuk senantiasa mempelajari sejarah mengambil poin poin yang bisa di teladani, namum Beliau pula mengingatkan untuk menyesuaikan dengan keadaan yang diajarkan mursyid saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *